Senin, 12 Juni 2017

Manfaat Kesehatan Dari Kacang Mede


Manfaat Kesehatan Dari Kacang Mede

Dalam jenis kacang-kacangan, kacang mede adalah salah satu jenis makan sehat yang banyak disukai oleh setiap kalangan. Mungkin anda pernah mengkonsumsi kacang mede, namun apakah anda sudah tau apa manfaat kacang mede tersebut bagi kesehatan?.
Kacang mede akan lebih enak apabila kita tambahi dengan sedikit bumbu yang manis-manis atau juga cocok untuk bumbu salad seperti makanan gado-gado. Pohon jambu mede merupakan tanaman yang asli dari hutan amazon Brasil yang mulai tersebar di seluruh penjuru dunia oleh penjelajah Portugis. Sampai sekarang kacang mede sudah banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia malah hampir di setiap negara mempunyai kacang jenis ini.
Ciri dari kacang ini yaitu berwarna krem putih yang tegas namun bertekstur seperti mentega dengan aroma buah yang manis. Biasanya kacang mede ini di sukai oleh kalangan muda sebagai cemilan setiap harinya. Nah berikut manfaat kacang mede yang harus anda ketahui :
  • Menyehatkan jantung. 
Kacang mede mempunyai manfaat untuk mencegah resiko penyakit jantung. Kacang mede mempunyai lemak yang lebih rendah di banding dengan makanan yang lain. Sebagian nutrisi yang terkandung dalam kacang mede yaitu seperti asam oleat dan asam tak jenuh. Asam oleat dalam kacang mede mempunyai peran sebagai pembantu yang bisa meningkatkan kesehatan jantung yaitu dengan  cara membantu mengurangi trigliserida yang berkaitan dengan peningkatan resiko penyakit jantung.
 Kandungan antioksidan mampu membantu menurunkan penyakit jantung koroner dan kardiovaskuler. Manfaat magnesium yang terkandung dalam kacang mede membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung.
  • Merawat rambut dan kesehatan kulit. 
Kacang mede sangatlah kaya akan mineral, yaitu sebuah komponen penting dari untuk mengatur enzim dan tembaga. Satu enzim yang memiliki tembaga mengandung tirosinase trosin untuk mengkonservasi ke melanin yaitu pigmen yang mampu menjaga warna kulit dan kesehatan rambut.
  • Menjaga kesehatan tulang 
Bukan hanya kalsium yang bermanfaat untuk menjaga dan memperkuat tulang, akan tetapi magnesium yang berada dalam kacang mede juga sangatlah penting untuk pertumbuhan tulang. Tembaga yang di temukan dalam kacang mede penting untuk fungsi enzim yang menggabungkan kolagen dan elastin yang memberikan fleksibilitas dam substansi dalam tulang dan persendian.
  • Mampu mencegah terjadinya kanker. 
Salah satu zat yang terkandung dalam kacang mede yaitu zat flavanol yang sangat berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan tumor dan juga menghentikan perkembangan sel-sel kanker.. Ilmu  kedokteran juga sudah mengecek kandungan yang ada dalam kacang mede mampu untuk mengurangi resiko kanker usus.
  • Mengontrol berat badan. 
Kacang mede adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan tinggi lemak, namun lemak dalam kacang mede ini adalah jenis lemak yang baik untuk tubuh atau yang biasa di sebut HDL.
Demikianlah manfaat kacang mede bagi kesehatan tubuh, semoga informasi di atas bisa menambah wawasan anda mengenai kacang mede. Dan mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi kacang mede setiap hari, karena manfaatnya sangat banyak.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda