Senin, 15 Mei 2017

Resep Pancake Cokelat Keju Enak Nikmat

Pancake atau yang kita kenal dari orang Belanda sebagai panekuk (dari bahasa Belanda pannenkoek) merupakan kue dadar dari bahan dasar terigu, dicampur telur ayam, susu dan gula pasir. Dari campuran semua bahan itu dan tambahan air, terbentuklah adonan yang kental. Selanjutnya adonan lalu dimasak hingga matang dengan menggunakan wajan datar, yang sebelumnya telah diberi olesan sedikit mentega atau minyak goreng. Pancake bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau ditunggu sesudah dingin. Kue ini bisa disajikan sederhana saja bersama selai cokelat, selai kacang, selai buah-buahan, mentega, madu, atau sirup mapel. Bisa juga disajikan bersama buah beri, parutan keju, bahkan juga es krim.

Pancake ternyata tak hanya dikenal bangsa Belanda saja tetapi ada di hampir setiap negara.  Kue yang sudah dikenal dari jaman Romawi kuno ini sangat bervariasi baik bentuk maupun caranya menyajikan. Orang Romawi misalnya, mereka menikmatinya bersama sirup buah-buahan atau madu. Orang Jerman menyebutnya Pfannkuchen dan membuatnya dari kentang yang padat. Sementara bangsa Perancis membuatnya crispy dan tipis serta menyebutnya crepes. Ada juga yang disebut galettes yang lebih tebal mengembang mirip roti. Istiah pancake sendiri dikenal luas di Amerika tahun 1870.

Untuk membuat pancake yang enak dan mengembang bagus, seringkali digunakan bahan pengembang seperti baking powder atau  soda kue, tetapi bisa juga dengan cara mengocok terpisah putih telurnya. Adanya udara yang terperangkap di dalam adonan membuat adonan pancake menjadi lebih “ringan” dan sebagai hasilnya akan diperoleh pancake yang enak. Supaya pancake tidak menjadi keras, adonan juga sebaiknya tidak diaduk berlebihan. Pancake berikut ini sangat istimewa karena lembut dan lezat rasanya, selain itu juga diberi olesan cokelat pekat di tengahnya dan di bagian atasnya diberi taburan parutan keju. Bila satu resep ini hasilnya Anda rasakan akan terlalu banyak, Anda bisa mencoba setengah resep saja. Begini resep selengkapnya:
Bahan yang dibutuhkan:


  • Tepung terigu sebanyak 300 g
  • Susu bubuk sebanyak 100 g
  • Margarin sebanyak 120 g, cairkan lalu biarkan dingin
  • Susu cair full cream sebanyak 300 ml
  • Gula bubuk sebanyak 100 g
  • Baking powder sebanyak 1 sdt
  • Keju sebanyak 1 batang, diparut untuk taburan atau topping
  • Buah cherry untuk hiasan
  • Telur ayam sebanyak 4 butir
  • minyak goreng atau margarin untuk olesan

Bahan isi:


  1. Krim kental sebanyak 100 ml
  2. Dark Cooking Chocolate sebanyak 200 g
  3. Cara membuat pancake cokelat keju
  4. Campur dan aduk hingga tercampur rata tepung terigu dengan susu bubuk, gula bubuk dan baking powder, sisihkan
  5. Kocok telur hingga mengembang, lalu tuangkan susu cair dan aduk hingga rata. Setelah itu masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit hingga adonan rata, halus, dan tidak menggerindil. Setelah itu tuangkan margarin cairnya. Aduk kembali hingga rata. Maka adonan siap untuk dimasak
  6. Siapkan wajan teflon yang datar permukaannya dan berukuran kecil, olesi dengan sedikit minyak goreng atau margarin lalu nyalakan apinya kecil saja. Selanjutnya tuangkan sesendok adonan ke dalam wajan (gunakan sendok sayur). Tutup rapat wajan teflon bila perlu, supaya pancake cepat matang.
  7. Balik adonan setelah permukaannya matang dan masak kembali hingga matang seluruhnya.
  8. Kerjakan terus hingga seluruh adonan habis lalu sajikan pancake dengan isi cokelat dan taburan keju.
  9. Menyiapkan isian cokelat

Tim dark cooking chocolate hingga meleleh, lalu angkat.

  1. Aduk-aduk cairan cokelat lalu tuang krim kental ke dalamnya. Selanjutnya aduk kembali hingga rata dan menjadi adonan cokelat yang kental.
  2. Menyajikan pancake:


  • Ambil sebuah pancake lalu buat lubang dibagian tengahnya lalu beri olesan cokelat
  • Lakukan hal yang sama pada pancake yang lainnya.
  • Tumpuk pancake, beri taburan keju dan hiasan cokelat lalu letakkan buah chery di atas taburan keju.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda