Minggu, 07 Mei 2017

Cara Membuat Cilung Abon Enak Gurih

Jajanan cilung tidak hanya bisa dinikmati oleh anak- anak saja tetapi juga oleh orang dewasa.   Rasanya yang gurih dengan tekstur yang kenyal dan lembut akan membuat ketagihan.  Cilung sendiri merupakan nama jajanan yang terbuat aci atau tepung sagu yang ditambahkan dengan bumbu sederhana kemudian dimasak dengan cara digoreng.  Digunakan juga tusuk sate tempat dimana aci akan berkumpul dan menggulung sehingga mudah untuk dimakan.

Kami sudah menyiapkan Resep Cilung Abon yang sangat spesial.   Perpaduan rasa gurih dan manis dijamin akan membuat anda ketagihan.  Resep ini sangat mudah untuk coba dan bisa jadi alternatif cemilan ada dan keluarga, selamat mencoba.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung sagu sebanyak 2 sdm
  • Air sebanyak 8 sdm
  • Telur ayam sebanyak 2 butir, kocok lepas
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan taburan :

  • Keju parut secukupnya
  • Abon cabe secukupnya

Cara Membuat Cilung Abon

  1. Ambil mangkuk bersih kemudian masukan sagu dan air ke dalamnya.  Diamkan terlebih dahulu bahan-bahan ini beberapa saat dan aduk hingga rata sampai membentuk larutan tepung yang halus dan licin.
  2. Ambil wadah lain dan masukan bahan-bahan yaitu telur ayam, merica, dan yang terakhir garam. Aduk-aduk hingga rata kemudian sisihkan sejanak.
  3. Siapkan wajan datar anti lengket atau teflon dan olesi dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
  4. Ambil adonan sagu tadi sebanyak 2 sdm kemudian tuangkan ke dalam teflon. Buat adonan menjadi lembaran tipis dengan cara menggoyangkan teflon.   Masak sampai adonan setengah matang.
  5. Tuangkan adonan telur diatas adonan sagu tadi kemudian lebarkan kembali dengan cara menggoyangkan teflon sama seperti adonan sagu sebelumnya. Masak dengan api kecil sampai kedua adonan matang.
  6. Tambahkan bahan isian berupa abon cabe tepat di tengah adonan cilung tadi.
  7. Gulung cilung yang sudah matang tadi dan tata di atas piiring. Lakukan sampai adonan habis.   Sajikan cilung abon dengan taburan keju diatasnya.

Anda bisa mengunakan jenis abon lain misalnya abon ayam atau abon sapi.   Tapi jika ingin rasa cilung yang unik dan berbeda, anda bisa menggunakan jenis abon lain seperti abon lele atau abon bandeng.  Jika suka pedas, silahkan sajian cilung abon ini dengan cocolan saus tomat atau saus cabai agar rasanya makin mantap.
Sumber : resepmasakansedap

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda