Jumat, 09 Juni 2017

Resep Egg Roll Kue Kering Lebaran Renyah Mudah Cara Membuatnya





Resep Egg Roll Renyah Spesial Lengkap Tips Cara Membuat Adonan Kue Egg Roll Serenyah Serena Monde. Kue Egg Roll adalah cemilan sederhana khas lebaran yang mirip dengan kue semprong dan mempunyai citarasa enak dan renyah sekali. Dilihat dari bentuknya, kedua cemilan sederhana khas Hari raya Idul Fitri ini memang mirip sekali. Sepintas memang sama dan tidak ada bedanya antara kedua resep kue kering lebaran tersebut. Bahkan banyak mungkin diantara kita yang sering salah membedakan antara semprong dan egg roll. Kalau sudah mencicipinya pasti baru ketahuan mana yang merupakan resep kue egg roll. Perbedaannya saat membuat adonan, kue ini lebih kental daripada kue semprong. Kue ini memang cukup terkenal bahkan ada merek biscuit modern, yaitu egg roll monde yang sangat populer juga. Tetapi sayangnya harga kue kalengan tersebut cukup mahal dan menguras kantong. Untuk itu kali ini kita akan berikan resep egg roll yang enak dan renyah seperti monde serena tersebut. Tenang saja, cara membuat egg roll yang kita berikan ini sangat sederhana dan mudah kok.


Resep egg roll monde memang sangat terkenal. Bahkan dengan harga jual yang lumayan tinggi pun masih banyak yang mencari dan membeli egg roll serena monde tersebut. Memang kalau dibandingkan dengan Resep Kue Sus Kering, Resep Kue Semprit atau Resep Kue Bangkit, bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue egg roll memang lebih sederhana. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu resep kue egg roll yang enak dan renyah memang lebih sedikit bahannya. Padahal harga jualnya juga tidak murah lho. Untuk itu memang lebih baik kalau kita membuat kue lebaran ini sendiri di rumah. Apalagi buat teman teman yang tidak hobi membuat kue pun pasti bisa dnegan mudah membuatnya. Memang cara membuat egg roll ini sangat simpel, praktis dan tidak terlalu ribet. Paling yang lama saat mencetaknya saja yang butuh kesabaran. Tetapi kalau kita pakai cetakan egg roll yang double, pasti lebih cepat dan lebih mudah.

Seperti resep kastengel kraft keju yang sudah pernah kita bagi di postingan sebelumnya, resep kue kering lebaran spesial ini kita akan tambahkan parutan keju cheddar. Sebenarnya resep kue egg roll asli sih tidak menggunakan parutan keju. Apalagi kalau yang dijual di pasar atau sekitar rumah dengan harga murah. Resep aslinya memang hanya menggunakan vanila essence atau pandan sehingga harga jualnya bisa lebih ditekan. Tetapi untuk momen spesial lebaran dan hari raya Idul Fitri ini, tidak ada salahnya bukan kalau kita membuat cemilan istimewa buat keluarga. Dengan ditambah parutan keju cheddar, citarasa resep egg roll yang kita buat tentu lebih gurih dan lezat bukan. Selain keju, teman teman bisa juga mengkreasikannya dengan bahan tambahan lain sesuai selera, seperti wijen, pasta red velvet supaya berwarna merah cantik ataupun lainnya.

Tips Membuat Resep Egg Roll Seenak Serena Monde
Supaya enak dan renyah, gunakan margarain dan mentega yang berkualitas.
Gunakan api kecil supaya resep kue egg roll nya nanti tidak cepat gosong.
Kenali cetakan egg roll teman teman sendiri. Sesuaikan saja waktu memanggangnya, tetapi biasanya sih sekitar 3 sampai 5 menit.
Cetakan sebaiknya agak ditekan atau dijepit ya supaya adonannya nanti tidak terlalu tebal dan tipisnya pas.
Gulung adonan egg roll segera saat masih panas dan diamkan sebentar sampai agak dingin baru dikeluarkan dari sumpitnya. Kalau sudah agak dingin, lapisan egg roll nanti bisa retak dan mudah pecah kalau mau digulung.
Simpan setelah kue kering ini benar benar dingin supaya tahan lama renyahnya.

Cetakan egg roll ada 2, yaitu yang terbuat dari teflon yang biasanya harganya agak mahal tetapi mudah sekali pengoperasiannya. Tidak perlu dijepit saat akan memanggang adonan resep kue egg rool nya ini. Selain itu karena terbuat dari bahan teflon anti lengket jadi tidak perlu diolesi minyak atau margarin sebelum menuang adonan kue kering lebaran ini. Selain itu cetakan kue egg roll ada juga yang murah meriah lho. Biasanya tidak hanya bisa digunakan untuk membuat resep egg roll saja, tetapi lebih umum untuk membuat kue semprong. Cara pengoperasiannya semi manual dan harus di olesi dengan sedikit margarin di dasar cetakan sebelum dituang adonan kue mirip semprong ini. Tetapi memang sebenarnya sih cetakan ini banyak dipakai untuk membuat resep kue semprong. Tetapi kalau memang tidak punya keduanya, sebenarnya ada juga sih cara membuat kue egg roll dengan teflon. Cuma ya sedikit sulit karena adonannya harus benar benar tipis supaya mudah saat digulung nantinya.resep egg roll renyah

Bahan Utama Resep Egg Roll
Emulsifer kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
Gula pasir kurang lebih sebanyak 130 gram sampai 150 gram saja sesuai selera.
Keju cheddar yang sudah diparut supaya lebih gurih dan enak kurang lebih sebanyak 20 gram saja. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram.
Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram juga.

Bahan Kedua
Tepung terigu serbaguna yang sudah diayak kurang lebih sebanyak 150 gram saja.
Tepung tapioka atau tepung sagu supaya lebih renyah kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
Baking powder kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
Susu bubuk kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
Vanila bubuk atau essence secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.

Cara membuat kue egg rollcara membuat egg roll mudah
Pertama ambil wadah kemudian masukkan telur ayam, emulsifer dan gula pasir lalu mixer sampai kental dan mengembang bahannya.
Masukkan parutan keju cheddar kedalam wadah kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata (tidak perlu dimixer lagi).
Masukkan tepung terigu beersama dengan baking powder, tepung tapioka, vanila, susu bubuk dan tepung terigu nya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
Masukkan margarin dan menteganya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata (sebaiknya margarin dan mentega dicampur menjadi satu dahulu sebelum dimasukkan).
Siapkan cetakan egg roll nya dengan api kecil dan lapisi permukannya dengan sedikit margarin atau butter.
Setelah cetakan panas, ambil adonan diatas dan tuang diatas cetakan resep egg roll nya.
Tutup cetakan dengan sedikit tekanan supaya adonannya rata.
Masak sampai berubah warna dan sesekali dibalik supaya matangnya merata.
Ambil sumpit dan gulung egg roll diatas sewaktu masih panas dengan rapi kemudian sisihkan.
Ulangi prosesnya sampai semua adonan habis.
Tunggu sampai dingin dan kemudian masukkan kedalam wadah plastik atau toples kedap udara.
Resep kue egg roll renyah ala monde serena siap untuk disajikan.

Sebenarnya cara membuat egg roll renyah ala monde serena ini ternyata tidak sesulit yang selama ini kita bayangkan bukan. Untuk membuat resep kue kering lebaran yang enak dan lezat memang tidak selalu sulit dan serumit yang kita bayangkan. Walaupun mudah tetapi resep egg roll tadi rasanya tidak kalah enak dan tidak kalah renyah bukan dengan merek serena monde yang harganya lumayan mahal tersebut. Apalagi kalau dinikmati bersama dengan semangkuk resep sop buah atau aneka resep salad buah. Untuk ide resep kue kering lebaran lainnya, silahkan mencoba resep nastar, resep kue kastengel, resep kue kering coklat atau resep putri salju yang lembut dan lumer di mulut.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda